Opening Hours : Monday to Saturday - 8am to 9pm

Jurusan Bisnis Digital IIB Darmajaya Gelar “Workshop Market Signaling”

Portal E-Learning Bagi Seluruh Mahasiswa dan Dosen IIB Darmajaya

Student Portal

Portal Akademik terkait dengan Nilai, Jadwal Kuliah dan Administrasi

Penerimaan Mahasiswa Baru

Portal Untuk Calon Mahasiswa Baru IIB Darmajaya yang akan mendaftar

Jurusan BIsnis Digital

BANDARLAMPUNG – Jurusan Bisnis Digital Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Workshop Market Signaling secara hybrid pada Kamis (20/7/23).

Hadir sebagai narasumber workshop yakni Asosiasi Profesi Bisnis Digital Dr. Merry Citra Sondari, S.E., M.Si.; Ketua AMA & Owner Paxel Lampung Dr. Alex Tribuana Sutanto, S.T., M.M.; dan Area Marketing Associate Manager PT Nutrifood Indonesia Dian Vio Septiana.

Kemudian, Direktur Kadin Digital Institute Dr. Kistiawan, S.E., M.M.; dan Head Business Lahan Sikam Amran. Workshop diikuti seluruh dosen Jurusan Bisnis Digital IIB Darmajaya secara daring di ruang rapat IAC.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya, Aswin, S.E., M.M., mengatakan workshop ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Jurusan Bisnis Digital sebagai Jurusan yang baru terlahir dengan usia sekarang menginjak empat tahun. “Belum memiliki lulusan dan akan melahirkan lulusan akhir tahun ini. Mudah-mudahan bisa menghasilkan lulusan yang sesuai kebutuhan dunia kerja,” ungkapnya.

Mengenai kurikulum, lanjut dia, Jurusan Bisnis Digital ini didirikan tentunya sudah melalui proses syarat dan ketentuan dari pendirian sebuah Jurusan. “Tentunya bagaimana merancang kurikulum. Akan tetapi kita juga sadar bahwa perkembangan terus bergerak. Dimana tuntutan pasar ataupun stakeholder dari Jurusan sangat penting untuk kita perhatikan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini harapannya adalah Jurusan Bisnis Digital sudah sangat tepat mengadakan workshop setelah 4 tahun berdiri, perlu mendefinisikan ulang atau mengkaji ulang mengenai kurikulum yang saat ini diterapkan Jurusan. “Apakah capaian pembelajaran? profil lulusan yang ditetapkan di awal sudah sesuai atau tepat dengan kebutuhan pasar atau belum. Itu perlu melakukan kajian,” terangnya.

Dekan FEB berharap dari kegiatan ini dengan berbagai narasumber, praktisi mendapatkan masukan yang sangat baik. “Bagaiamana nantinya dapat merancang, mendesain kurikulum yang memang sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga lulusan Jurusan Bisnis Digital akan terpakai atau digunakan oleh masyarakat baik sebagai karyawan di perusahaan ataupun sebagai pelaku usaha,” tuturnya.

Sementara, Ketua Jurusan Bisnis Digital IIB Darmajaya, M. Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M., mengatakan hari ini (Kamis, red) Jurusan Bisnis Digital Darmajaya mengadakan pengembangan kurikulum baru. “Kita mengetahui bahwa dunia industri dan dunia pendidikan akademik itu harus sejalan seirama. Tidak bisa, industri jalan sendiri ataupun akademik itu jalan sendiri,” ucapnya. Ariza Eka Yusendra melanjutkan bahwa Jurusan Bisnis Digital selalu berusaha untuk mencari sinyal-sinyal, untuk mencari trend-trend baru yang ada di pasar. “Sehingga nanti lulusannya, kita ciptakan sesuai dengan kebutuhan pasar. Kita juga bisa melakukan pengembanganilmuyang dibutuhkan oleh pasar,” ujarnya.

Menurut dia, dalam mengembangkan kurikulum Jurusan Bisnis Digital selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait. “Supaya kita bisa mendapatkan kurikulum yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar. Salah satu rangkaian pertama workshop Signailing Market untuk bisa melihat lulusan, kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan Jurusan Bisnis Digital,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut juga masing-masing narasumber memberikan masukannya untuk kurikulum Jurusan Bisnis Digital. Workshop Market Signaling juga merupakan rangkaian kegiatan yang didanai hibah AKPT Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI 2023. (**)

 

 

Facebook
Twitter
LinkedIn

NEWS

Related News

NEWS

Latest News

Newsletter