Opening Hours : Monday to Saturday - 8am to 9pm

Apa Itu Jurusan Bisnis Digital? 7 Hal Yang Harus DiKetahui Tentang Jurusan Bisnis Digital!

Portal E-Learning Bagi Seluruh Mahasiswa dan Dosen IIB Darmajaya

Student Portal

Portal Akademik terkait dengan Nilai, Jadwal Kuliah dan Administrasi

Penerimaan Mahasiswa Baru

Portal Untuk Calon Mahasiswa Baru IIB Darmajaya yang akan mendaftar

Jurusan Bisnis Digital

Apa itu Jurusan Bisnis Digital?

7 Hal Yang Harus DiKetahui Tentang Jurusan Bisnis Digital!

Di era industry 5.0 dunia Pendidikan di Indonesia mengalami transformasi besar-besaran di segala lini. Salah satu sektor pendidikan yang mengalami transformasi ini adalah dunia pendidikan tinggi. Masyarakat di Indonesia saat ini akan menemukan banyak sekali jurusan-jurusan baru yang diperkenalkan oleh berbagai kampus negeri dan swasta yang dahulunya tidak ada.

Orang-orang menyebut jurusan-jurusan ini adalah “jurusan kekinian” karena jurusan ini hadir akibat pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan kebutuhan pasar kerja di era industri 5.0. Salah satu jurusan kekinian yang saat ini menjadi favorit industri dan calon mahasiswa adalah Jurusan Bisnis Digital. Sebenarnya apa itu Jurusan Bisnis Digital? di artikel ini akan membahas dari A sampai Z tentang Jurusan Bisnis Digital, Jurusan Ala Drama Korea yang saat ini menjadi trend dikalangan calon mahasiswa di Indonesia dan perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan transformasi digital.

1. Definisi Jurusan Bisnis Digital

jurusan bisnis digital darmajaya
jurusan bisnis digital darmajaya

Jurusan Bisnis Digital adalah salah satu cabang ilmu fakultas ekonomi dan bisnis yang menggabungkan ilmu manajemen, bisnis dan teknologi digital 5.0 yang berfokus pada pengembangan model bisnis yang dijalankan secara online. Biasanya model bisnis yang dikembangkan menggunakan jaringan internet sebagai enabler optimasi bisnis yang dibuat oleh mahasiswa berikut pemanfaatan platform dan media-media digital yang sesuai dengan bisnis yang digelutinya. Karena merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi dan bisnis, Jurusan Bisnis Digital lebih menekankan pada penciptaan bisnis dan inovasi transformasi digital dibandingkan ilmu science dan teknis komputerisasi yang rumit.

Di Jurusan ini, para mahasiswanya diajarkan bagaimana memanfaatkan teknologi digital dan mengembangkan platform digital yang mampu meningkatkan kinerja model-model bisnis baru. Model bisnis yang dikembangkan oleh para mahasiswa bisa bermacam-mcam seperti pembuatan toko online dan marketspace (aplikasi seperti platform tokopedia dan shopee), mengembangkan layanan service on demand (seperti aplikasi gojek, grab dan maxim), online education (Ruang Guru), hingga membuat bisnis personal branding seperi digital influencer dan online broadcasater.

Tidak hanya itu jurusan bisnis digital juga mempelajari berbagai macam subset fungsi-fungsi bisnis yang saat ini sangat dibutuhkan oleh pasar seperti digital marketing – strategi dan teknik melakukan pemasaran digital baik di sosial media, website ataupun di platform marketspace, Mempelajari Financial Technology (fintech) yang memampukan mahasiswa menguasai teknik akuntansi dan keuangan berbasis teknologi digital, invefstasi saham online, hingga mengembangkan produk layanan keuangan digital, listing cryptocurrency berbasis blockchain dan bagaimana cara berinvestasi yang menguntungkan di cryptocurrency.

Mahasiswa dalam jurusan ini biasanya mempelajari konsep-konsep dasar bisnis, seperti manajemen, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia, tetapi dengan fokus pada aplikasi teknologi digital dalam konteks bisnis. Mereka juga bisa belajar tentang perkembangan teknologi terbaru, seperti kecerdasan buatan, blockchain, dan Internet of Things (IoT), serta bagaimana teknologi-teknologi tersebut dapat diterapkan dalam strategi bisnis.

Lulusan jurusan bisnis digital diharapkan memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana teknologi digital memengaruhi cara bisnis dijalankan dan dapat membantu organisasi memanfaatkan peluang-peluang yang ditawarkan oleh era digital ini. Mereka juga sering kali memiliki keterampilan teknis dalam analisis data, pengembangan web, dan pemasaran online.

2.  Keunggulan Jurusan Bisnis Digital

Aktivitas Perkuliah Bisnis Digital
Aktivitas Perkuliah Bisnis Digital

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Jurusan Bisnis Digital dibandingkan dengan Jurusan yang lain.

  1. Relevansi dengan Era Digital

Jurusan bisnis digital dirancang khusus untuk mengajarkan keterampilan dan pengetahuan terkait dengan dunia bisnis dalam era digital saat ini. Ini membuat lulusan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh perubahan teknologi yang cepat.

  1. Penerapan Praktis Teknologi Digital

Mahasiswa dalam jurusan ini belajar langsung bagaimana menerapkan teknologi digital dalam berbagai aspek bisnis, seperti pemasaran online, e-commerce, analisis data, dan manajemen media sosial. Mereka bisa mempelajari dan langsung menerapkan strategi digital untuk mendukung tujuan bisnis.

  1. Keterampilan Multidisiplin

Jurusan bisnis digital sering kali menggabungkan elemen-elemen dari berbagai disiplin, termasuk bisnis, teknologi informasi, pemasaran, dan analisis data. Ini membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan multidisiplin yang diperlukan untuk bekerja di lingkungan bisnis yang kompleks dan berubah-ubah.

  1. Inovasi dan Kreativitas

Jurusan bisnis digital mendorong mahasiswa untuk berpikir inovatif dan kreatif dalam menerapkan teknologi digital untuk mencapai tujuan bisnis. Ini membantu mereka menjadi pemikir strategis yang dapat menciptakan solusi-solusi baru untuk tantangan bisnis yang kompleks.

  1. Mengembangkan bisnis digital sebagai startuppreneur

Jurusan bisnis digital juga memfasilitasi semangat kewirausahaan. Dengan biaya yang relatif rendah untuk memulai bisnis online, banyak lulusan jurusan ini memilih untuk menjadi pengusaha. Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan ide-ide bisnis mereka sendiri dan membangun perusahaan yang sukses dalam era digital.

  1. Peluang Karir yang Luas

Lulusan jurusan bisnis digital memiliki akses ke berbagai macam peluang karir di berbagai sektor, termasuk perusahaan teknologi, perusahaan ritel, agensi pemasaran digital, konsultan bisnis, dan wirausaha. Mereka dapat bekerja dalam peran seperti manajer pemasaran digital, analis data, pengembang e-commerce, atau spesialis SEO.

  1. Daya Saing di Pasar Kerja

Dengan adanya permintaan yang terus meningkat untuk profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi digital dan cara mengintegrasikannya dalam bisnis, lulusan jurusan bisnis digital memiliki keunggulan kompetitif di pasar kerja yang semakin kompetitif ini.

3. Pengetahuan dan Keahlian Yang Didapatkan

Praktek Sosial Media
Praktek Sosial Media

Apakah perkuliahan di Jurusan Bisnis Digital susah? Tentu saja tidak! Karena jurusan ini merupakan kombinasi pengetahuan dan keterampilan terbaik dari manajemen dan bisnis serta teknologi informasi, mereka tidak hanya belajar teori saja akan tetapi praktek bagaimana teknologi digital digunakan dalam bisnis. Karena lebih mementingkan bisnis maka mahasiswa Jurusan Bisnis Digital tidak harus mempelajari teknis pemrograman, perhitungan matematis dan statistika yang rumit akan tetapi bagaimana menggunakan teknologi yang sudah jadi untuk bisa membangun model bisnisnya. Berikut adalah beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan didapatkan apabila ingin masuk ke Jurusan Bisnis Digital.

  1. Kemampuan manajerial dalam hal membangun bisnis digital
  2. Kemampuan negosiasi untuk mengembangkan usaha digital
  3. Kemampuan melakukan analisis pasar dengan menggunakan berbagai macam platform digital
  4. Kemampuan untuk membangun model-model bisnis digital yang baru
  5. Kemampuan untuk melakukan komunikasi dan kerja secara remote (jarak jauh)
  6. Kemampuan untuk meneliti kekuatan dan kelemahan pesaing secara digital dan makro

4. Profil Lulusan Jurusan Bisnis Digital

Banyak pertanyaan para calon mahasiswa terkait Jurusan Bisnis Digital adalah “Lulusan Jurusan Bisnis Digital bisa kerja apa saja? Tentu saja sangat luas, akan tetapi biasanya lulusan Jurusan Bisnis Digital akan bisa bekerja di 5 kategori kerja yaitu:

  1. Digitalpreneur

Merupakan wirausahawan yang beroperasi dan mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Mereka menggunakan teknologi digital dan platform online baik untuk menciptakan, mengelola dan mempromosikan bisnisnya

  1. Digital Marketing Specialist

Merupakan spesialis  pemasaran yang bertanggung jawab untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek secara online menggunakan berbagai strategi dan platform digital. Tugas utama digital marketer adalah menghubungkan bisnis dengan calon pelanggan dan konsumen melalui media digital dan menciptakan kehadiran yang kuat di dunia online

  1. Financial Technology Profesional

Merupakan seorang ahli atau pakar di bidang teknologi keuangan yang memiliki pengetahuan mendalam tentang teknologi, keuangan, dan aplikasinya dalam menciptakan inovasi di sektor keuangan. FinTech profesional berperan dalam mengembangkan, mengimplementasikan, dan memanfaatkan solusi teknologi untuk menghadapi tantangan dan menciptakan peluang di industri keuangan

  1. Digital Transformation Officer

Merupakan seorang pakar dan ahli yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengelola proses transformasi digital di sebuah organisasi. Pekerjaannya mulai dari merumuskan strategi transformasi digital, mengembangkan rencana implementasi teknologi digital dalam bisnis, mengkoordinasikan tim dan sumber daya untuk mentrasnformasi perusahaan digital, melakukan manejemen perubahan, hingga mengembangkan kemitraan strategis digital

  1. Digital Enthusiast Profesional

Seseorang yang memiliki minat dan antusiasme yang besar terhadap teknologi digital dan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pandangan mereka tentang topik-topik terkait trend sosial dengan audiens mereka melalui platform online seperti media sosial, blog, podcast, atau kanal YouTube. Mereka adalah individu yang memiliki pengaruh di kalangan pengikut mereka dalam hal teknologi, inovasi, tren digital, dan topik terkait lainnya seperti influencer, youtuber dan selebgram.

5. Propek Kerja Alumni Jurusan Bisnis Digital

Digital Marketing Planner
Digital Marketing Planner

Lulusan jurusan bisnis digital memiliki prospek karir yang cerah di berbagai sektor dan peran. Beberapa prospek pekerjaan yang umum bagi lulusan jurusan bisnis digital meliputi:

  1. Manajer Pemasaran Digital

Bertanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengelola strategi pemasaran digital sebuah perusahaan. Mereka memanfaatkan berbagai saluran digital seperti media sosial, SEO, kampanye iklan online, dan email marketing untuk mencapai tujuan pemasaran.

  1. Spesialis e-commerce

Berfokus pada pengembangan dan manajemen platform e-commerce sebuah perusahaan, termasuk desain website, pengelolaan inventaris, analisis data penjualan, dan strategi pemasaran produk secara online.

  1. Analis Bisnis Digital

Memanfaatkan data dan analisis untuk memberikan wawasan tentang kinerja bisnis online. Mereka mempelajari tren konsumen, perilaku pengguna, dan kinerja kampanye digital untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang didukung data.

  1. Manajer Media Sosial

Bertugas mengelola dan memelihara kehadiran perusahaan di berbagai platform media sosial. Mereka merencanakan konten, berinteraksi dengan audiens, dan mengukur efektivitas kampanye media sosial.

  1. Konsultan Bisnis Digital

Memberikan saran dan rekomendasi kepada perusahaan tentang cara mengoptimalkan kehadiran digital mereka. Mereka membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang dan mengatasi tantangan dalam menerapkan strategi bisnis digital.

  1. Manajer Pengembangan Produk Digital

Bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan meluncurkan produk digital baru. Mereka bekerja sama dengan tim pengembangan untuk memastikan produk sesuai dengan kebutuhan pasar dan memenuhi tujuan bisnis perusahaan.

  1. Startuppreneur/Pebisnis Digital

Memulai dan mengelola bisnis mereka sendiri di dunia digital, seperti toko online, agensi pemasaran digital, atau perusahaan teknologi startup.

  1. Manajer Operasi Digital

Bertugas mengelola operasi sehari-hari perusahaan yang berkaitan dengan aspek digital, termasuk manajemen infrastruktur IT, keamanan cyber, dan pemeliharaan sistem teknologi.

  1. Influencer

Seseorang yang memiliki pengaruh yang signifikan atas audiens mereka dalam hal opini, perilaku, dan keputusan. Mereka mempengaruhi orang lain melalui konten yang mereka bagikan di platform online seperti media sosial, blog, podcast, atau platform lainnya.

6. Kurikulum Yang Diajarkan di Jurusan Bisnis Digital

Kurikulum untuk jurusan bisnis digital bervariasi antara institusi pendidikan yang menawarkannya. Para mahasiswa akan mendapatkan banyak ilmu menarik terkait manajemen bisnis digital mulai dari pengantar bisnis digital, digital marketing, financial technology, ilmu komunikasi digital, cara kerja remote, design thinking, kewirausahaan digital hingga hukum-hukum bisnis digital.

Selain itu juga mahasiswa akan belajar beberapa cabang ilmu teknologi informasi seperti pengembangan website dan aplikasi mobile, UI-UX dan programming dasar. Yup, kamu ‘gak salah baca. Di jurusan bisnis yang satu ini, mahasiswa juga akan mempelajari dasar-dasar programming hingga web & mobile technology. Kenapa? Karena jika kamu bergelut di bidang bisnis digital namun tidak memahami aspek-aspek yang ada di dalamnya, maka hal ini dapat menghambat berjalannya bisnis. Berikut adalah salah satu kurikulum dari Jurusan Bisnis Digital yang telah mendapatkan rekognisi secara nasional yaitu Jurusan Bisnis Digital IIB Darmajaya.

Kurikulum Bisnis Digital Darmajaya
Kurikulum Bisnis Digital Darmajaya

7. Kampus Yang Memiliki Jurusan Bisnis Digital

mahasiswa bisnis digital
mahasiswa bisnis digital

Bagi siswa SMA, penting untuk mencari informasi lebih lanjut tentang jurusan kuliah bisnis digital. Beberapa universitas negeri di Indonesia menyediakan jurusan tersebut. Berikut adalah beberapa universitas negeri yang mungkin menjadi pilihan:

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Jurusan ini baru dibuka pada tahun 2020 dan berada di tingkat sarjana. Meskipun baru, jurusan ini telah menjadi favorit. Contohnya, pada tahun 2023, dengan kapasitas 48 mahasiswa, lebih dari 2.000 mahasiswa bersaing untuk masuk ke jurusan ini.

  1. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

UNPAD menjadi universitas pertama yang membuka jurusan bisnis digital, sejak tahun 2018. Jurusan ini berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Di sini, kamu akan mempelajari tentang marketplace, big data, kecerdasan buatan, dan segala hal tentang start-up.

  1. Universitas Brawijaya (UB)

Tak mau ketinggalan, Universitas Brawijaya juga membuka jurusan kuliah bisnis digital. Jurusan ini berada dibawah Fakultas Vokasi. Di Universitas Brawijaya, jurusan ini dinamai D3 Bisnis Digital & Ecommerce. Jurusan ini mempelajari tentang bisnis dan marketplace secara keseluruhan dengan menerapkan metode serta platform yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

  1. Insitut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Jurusan Bisnis Digital IIB Darmajaya adalah salah satu Jurusan bisnis digital di Indonesia yang pertama kali dibuka. Kurikulum pembelajarannya telah diakui secara nasional karena melibatkan banyak stakeholder penggiat bisnis digital. Disini kamu bisa kuliah dan praktek menjadi startuppreneur, digital marketer dan financial technology

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas negeri lain yang menawarkan jurusan kuliah bisnis digital. Di UPI, kamu dapat memperdalam pengetahuan tentang bisnis digital. Cocok untuk mereka yang ingin menjadi ahli bisnis cerdas atau konsultan start-up.

  1. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Jurusan Kuliah Bisnis Digital di Unesa memang baru diresmikan tahun 2021, namun siapa sangka pada jalur UTBK-SBMPTN 2021 telah diminati 1.746 pendaftar. Prodi Bisnis Digital menduduki peringkat keempat pendaftar terbanyak di Unesa setelah Ilmu Komunikasi, Manajemen, dan Psikologi.

  1. Binus University (Binus)

Selain itu, Binus University juga menyediakan jurusan Business Creation untuk menghasilkan lulusan yang inovatif dan kreatif. Jurusan ini menggabungkan teori dan praktik secara seimbang agar mahasiswa siap untuk bekerja di dunia industri. Mata kuliah diajarkan oleh pengusaha dan investor yang berpengalaman, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan langsung dari para ahli. Selain itu, mahasiswa juga akan terlibat dengan pengusaha untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang bisnis.

  1. Universitas Prasetya Mulya

Selanjutnya, ada Universitas Prasetya Mulya yang menawarkan jurusan bisnis digital dengan fokus pada solusi bisnis berbasis online. Lulusan dari program ini akan memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis dalam teknologi digital.

KESIMPULAN

Kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah membuka peluang bisnis digital yang luas, yang meningkatkan permintaan akan lulusan yang menguasai bisnis digital. Jurusan Kuliah Bisnis Digital menjadi pilihan yang tepat bagi profesional yang ingin diminati oleh perusahaan, karena mereka akan mempelajari materi yang relevan dengan bisnis digital dan memiliki prospek karir yang luas.

Selain profesional, Jurusan Bisnis Digital juga menjadi salah satu alternatif bagi para calon mahasiswa yang hendak merealisasikan mimpinya mendirikan bisnis dengan menggunakan teknologi digital sebagai competitive advantage untuk bersaing.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn

NEWS

Related News

NEWS

Latest News

Newsletter